Team Game Turnamen Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Tinggi Gaya Guling Sisi
Team Game Turnamen Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Tinggi Gaya Guling Sisi
Penulis: Nurwachidin Supriyatno, S.Pd., M.Pd.

 

Lompat tinggi merupakan salah satu nomor dalam atletik yang masuk dalam kurikulum pembelajaran di MTs. Keberhasilan dalam belajar lompat dipengaruhi oleh beberapa hal. Pertama keberanian, kedua teknik serta modal pengalaman gerak.  Ketiga hal ini akan memberikan sumbangan dalam keberhasilan belajar. Dalam proses pembelajaran cara menyampaikan pelajaran sangat memegang peranan penting. Penelitian ini berusaha untuk mengatasi permasalahan kurang tuntasnya hasil belajar lompat tinggi dilihat dari teknik melakukan dan hasil lompatan. Model pembelajaran Team Game Turnament (TGT) dilaksanakan untuk mengatasi permasalahan pembelajaran. Kelas yang dipergunakan untuk penelitian adalah kelas IX E MTsN 1 Banjarnegara Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 38. Instrumen penelitian adalah test lompat tinggi diukur sampai centimeter terdekat, dan lembar observasi penilaian teknik gaya, awalan, dan tumpuan.  Hasil penelitian setelah dua siklus dengan 2 kali pertemuan setiap siklus ternyata memberikan hasil kenaikan rerata kelas untuk baik pada teknik melakukan lompat tinggi ataupun prestasi capaian lompat.  Berdasarkan hasil penelitian ini TGT dapat dipergunakan untuk pemecahan permasalahan pembelajaran lompat tinggi.

Selengkapnya: https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jilo/index